SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SRIWEDARI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN NGAWI

Artikel

KE NGAWI, YUK COBA 10 TOP KULINER NGAWI

17 November 2022 11:26:49  Administrator  313 Kali Dibaca  Berita Desa

Sriwedari-ngawi.desa.id- Kangen dengan Ngawi, atau anda masih berada di luar kota dan masih belum bisa pulang bahkan belum bisa mudik?. Tenang, di bawah ini akan disajikan 10 top kuliner Ngawi, semoga bisa memberi sebuah kenangan dan referensi yang bisa anda simpan. Dan saat pandemi virus corona Covid-19 ini selesai, anda bisa datang ke Ngawi untuk menjelajahi 10 kuliner Ngawi yang disampaikan di bawah ini.

Ngawi sendiri adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat dari Propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Yang menarik dari Ngawi adalah daerah ini memiliki banyak julukan, misalnya Kota Bambu, karena Ngawi berasal kata “awi” yang berarti bambu. Nama kuliner juga disematkan pada Kabupaten Ngawi sebagai Kota Keripik Tempe karena kenikmatan keripik tempenya yang khas. Selain itu, Ngawi juga memiliki berbagai wisala alam yang menarik selain kekayaan kulinernya.

Kali ini, tema yang akan kita tampilkan adalah kuliner Ngawi yang paling sering dicari dan juga mejadi top kuliner Ngawi, berdasarakan informasi dari pesona.id, yang pada tahun 2019 sempat ditampilkan oleh Gubernur Jawa Timur dalam rangka mudik Hari Raya Iduil Fitri, namun data ini masih sangat relevan untuk ditampilkan pada informasi kali ini.

Berikut 10 top kuliner Ngawi yang bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Ngawi, sebagai berikut:

1. Pecel Lethok Mbah Jan

Kuliner yang satu ini menjadi kuliner favorit warga Ngawi. “Pecel Lethok Mbah Jan”, berada diJalan Trunojoyo, Ngawi. Kuliner ini biasa dinikmati sebagai sarapan pagi, dan bentuknya hampir sama dengan pecel dengan ditambahi sambal tumpang. Warung ini buka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang.

Yang menarik dan unik, pecel lethok Mbah Jan disajikan dengan pincuk dari daun jati, yang menjadika aroma kelezatan alami pecel lethok.

2. Tahu Tepo Pasar Sore

Kuliner yang satu ini, selalu dicari saat berkunjung ke Ngawi, yaitu Tahu Tepo. Tepo adalah makanan khas yang berasal dari Ngawi, yang dibuat dari beras, dengan bentuk seperti lontong, namun tekstur dan bentuknya berbeda. Bila lontong dibungkus dengan daun pisang, berbeda dengan tepo yang dibungkus dengan bentuk segitiga. Anda bisa mencoba tahu tepo ini di Warung Tahu Tepo Pak Samud, yang berlokasi di Proliman, Pasar Sore, Ngawi.

Tahu tepo sendiri adalah makanan yang menggunakan tahu telur dan tepo, sedangkan tahu telurnya dibuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan juga digoreng. Dalam penyajian tahu tepo disajikan dengan kuah, yaitu kecap, air asam Jawa dan bumbu yang telah dihaluskan.

3. Ayam Panggang Bringin

Kuliner yang satu ini adalah kunier yang selalu menjadi rujukan para pecinta kuliner, yaitu Ayam Panggang Bringin. Sesuai dengan namanya ayam panggang dibuat dari ayam kampung yang diolah dengan olahan rempah yang khas. Ayam Panggang ini bisa anda temukan di Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Ngawi.

4. Ikan Bakar Warung Apung Waduk Pondok

Tempat kuliner yang satu ini bisa menjadi tempat menikmati kuliner saat anda berada di Ngawi. Ikan Bakar Warung Apung Waduk Pondok, menyediakan sajian menu ikan patin bakar yang sangat digemari masyarakat Ngawi. Lokasinya berada di sekitar Waduk Pondok, Desa Suruh, Kecamatan Bringin, Ngawi.

Selain menyediakan olahan ikan patin , juga disediakan ikan nila, dan juga gurami yang bisa disajikan dalam bentuk bakar maupoun digoreng.

5. Wedhang Cemue

Kurang lengkap rasanya ke Ngawi belum menikmati sajian minuman khas Ngawi, anda bisa menikmati sajian “Wedang Cemue”. Wedang cemue ini adalah minuman yang hampir mirip dengan sekoteng dan juga ronde, memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghangatkan tubuh.

Wedang cemue dibuat dari gula pasir, santan, roti tawar, kacang tanah, dan jahe. Wedang cemue memiliki rasa yang gurih, yang berasal dari santan, hangat dan pedas dari jahe, dan manis dari gula pasir.

6. Ketan Bubuk Mono Suko

Selain berbagai jenis kuliner di atas masih ada satu kulienr lagi, yaitu menu ketan bubuk Mono Suko. Sesuai dengan namanya makanan ini berupak ketan bubuk yang merupakan kuliner khas Ngawi, dan bisa didapatkan di Kedai Monosuko di Jalan Hasanudin atau sebelah selatan alun-alun Ngawi.

7. Sate Ayam Godog Mbah Tri Padas

Kuliner yang satu ini sedikit berbeda dengan kuliner di daerah lain, meskipun sama-sama sate ayam, namun “Sate Ayam Godog Mbah Tri Pdas”, bisa menjadi pilihan anda. Sate ayam godog ini berada di Jalan Raya Ngawi – Caruban, RT.03 RW.02, Pilang Bango, Kedungprahu, Padas, Ngawi.

Sate khas Ngawi memiliki ciri tersendiri yaitu sedikit kecap, sehingga warnanya tidak hitam seperti jenis sate dari daerah lain.

8. Kopi Seloondo

Anda pecinta kopi, tidak ada salahnya bila anda mencoba kopi khas Ngawi. Kopi Selondo sebenarnya adalah kopi dari jenis excelsa yang disebut juga dengan kopi nangka, selain itu juga ada kopi robusta sebagi variasi kopi lainnya.

9. Botok Tawon Prandon

Satu lagi jenis kuliner nikmat khas Ngawi, yaitu “Botok Tawon”. Botok tawon ini adalah olaan kuliner khas Ngawi yang dibuat dari rumah tawon yang dibuat dengan ramuan rempah-rempah sehingga membuat rasanya yang lezat. Botok tawoin bisa didapatkan di Botok Tawon Pak Qman di Jalan Raya Cepu, Karangtengah Prandon, Ngawi.

10. Botok Wagal Mbah Surip

Satu lagi kuliner khas Ngawi yaitu Botok Wagal atau disebut dengan ikan patin. Botok wagal Mbah Surip Sriwedari ini bisa anda dapatkan di Dusun Bedug, Sriwedari, Karanganyar, Ngawi

Itu dia sedikit informasi 10 top kuliner Ngawi, semoga bisa menjadi referencsi bagi anda yangingin menikmati perjalan wisatakuliner ke  Ngawi.

Sumber : https://www.firmankasan.com

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Bedug - Sriwedari No 09 Sriwedari
Desa : Sriwedari
Kecamatan : Karanganyar
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63257
Telepon :
Email : padmasriwedari@gmail.com